Perubahan dan Perkembangan Organisasi
I. PENDAHULUAN
Setiap tahun pasti tiap manusia mengalami perubahan pada dirinya. Baik
perubahan internal maupun eksternal. Maupun organisasi, organisasi dari
tahun ke tahun pasti memiliki perubahan maupun perkembangan. Perubahan
itu bisa berdampak positif maupun negatif bagi organisasi itu sendiri.
II. ISI
1. FAKTOR-FAKTOR PERUBAHAN ORGANISASI
Dalam
organisasi terdapat 2 faktor terjadinya perubahan organiasi, yaitu faktor intern dan faktor ekstern
A.
Faktor intern, faktor yang berasl dari
dalam organisasi tersebut, antara lain:
1. Perubahan
tujuan
2.
Perluasan wilayah operasi tujuan
3.
Volume kegiatan yang bertambah banyak
4.
Sikap dan perilaku dari para anggota
organisasi.
B. Faktor ekstern, faktor yang berasal dari luar organisasi tersebut, antara lain
1.
Politik
2.
Hukum
3.
Kebudayaan
4.
Teknologi
5.
Sumber daya alam
6.
Demograf
7.
Sosiologi
Sikap
organisasi dalam mengahadapi terjadinya perubahan lingkungan inetrn dan ekstern
antara lain :
1.
Mengadakan perubahan struktur organisasi
2.
Mengubah sikap dan perilaku pegawai
3.
Mengubah tata aliran kerja
4.
Mengubah peralatan kerja
5.
Mengubah prosedur kerja
6.
Mengadakan perubahan dalam hubungan
kerja antar personel.
2. PROSES PERUBAHAN
Organisasi mengalami perubahan karena organisasi selalu mengahdapi berbagai macam tantangan. Berikut ini adalah macam-macam proses organisasi :
Organisasi mengalami perubahan karena organisasi selalu mengahdapi berbagai macam tantangan. Berikut ini adalah macam-macam proses organisasi :
1.
Mengadakan pengkajian
2.
Mengadakan identifikasi
3.
Mengadakan perubahan
4.
Menentukan strategi
5.
Melakukan evaluasi
3. CIRI_CIRI PENGEMBANGAN ORGANISASI
Pengembangan organisasi mempunyai dua arti, yaitu pengembangan organisasi sebagai fungsi administrasi dan pengembangan organisasi sebagai fungsi spesialis atau sebagai suatu teknik manajemen.
Pengembangan organisasi mempunyai dua arti, yaitu pengembangan organisasi sebagai fungsi administrasi dan pengembangan organisasi sebagai fungsi spesialis atau sebagai suatu teknik manajemen.
Pada dasarnya pengembangan
organisasi merupakan usaha yang dilakukan secara berencana, terus-menerus
meliputi organisasi secara keseluruhan untuk meningkatkan efektivitas dan
kesehatan organisasi dengan menerapkan azas-azas dan praktek yang dikenal dalam
kegiatan organisasi.
Ciri-ciri pengembangan organiasi
antara lain :
1.
Pengembangan
organisasi merupakan usaha yang dilakukan secara berencana
2. Pengembangan
organisasi mencerminkan suatu proses yang berlangsung terus-menerus.
3.
Pengembangan
organisasi berorientasi masalah organaisasi yang hrus dipecahkan.
4.
Pengembangan
organisasi merupakan usaha kearah penyempurnaan organisasi.
5. Pengembangan
organisasi merupakan tanggapan terhadap berbagai perubahan yang terjadi diluar
organisasi.
4. METODE PENGEMBANGAN ORGANISASI
4. METODE PENGEMBANGAN ORGANISASI
A.
Metode
pengembangan organisasi antara lain :
1.
Jaringan
manajerial
2.
Latihan
kepekaan
3.
Pembentukan
tim
4.
B.
Metode
pengembangan keterampilan dan sikap antara lain :
1.
Latihan
ditempat kerja
2.
Latihan
instruksi kerja
3.
Latihan
diluar tempat kerja
4.
Latihan
ditemapat tiruan.
III. KESIMPULAN
Dalam berorganisasi lebih baik sering diadakan motivasi trainer,
agar peningkatan kinerja yang berdampak untuk sumber daya manusianya
sendiri.
IV. REFRENSI
http://kamilfiki.blogspot.com/2012/01/teori-organisasi-umum-perubahan-dan.html
Wikipedia
No comments:
Post a Comment