Monday, December 17, 2012

Perubahan dan Perkembangan Organisasi

Perubahan dan Perkembangan Organisasi

I. PENDAHULUAN
    Setiap tahun pasti tiap manusia mengalami perubahan pada dirinya. Baik perubahan internal maupun eksternal. Maupun organisasi, organisasi dari tahun ke tahun pasti memiliki perubahan maupun perkembangan. Perubahan itu bisa berdampak positif maupun negatif bagi organisasi itu sendiri.
II. ISI
1. FAKTOR-FAKTOR PERUBAHAN ORGANISASI
Dalam organisasi terdapat 2 faktor terjadinya perubahan organiasi, yaitu faktor  intern dan faktor ekstern 
A.    Faktor intern, faktor yang berasl dari dalam organisasi tersebut, antara lain: 
1.      Perubahan tujuan 
2.      Perluasan wilayah operasi tujuan 
3.      Volume kegiatan yang bertambah banyak 
4.      Sikap dan perilaku dari para anggota organisasi. 

B.     Faktor ekstern, faktor yang berasal dari luar organisasi tersebut, antara lain
  1.      Politik 
  2.      Hukum 
  3.      Kebudayaan 
  4.      Teknologi 
  5.      Sumber daya alam
  6.      Demograf
   7.      Sosiologi 
Sikap organisasi dalam mengahadapi terjadinya perubahan lingkungan inetrn dan ekstern antara lain : 
1.      Mengadakan perubahan struktur organisasi
2.      Mengubah sikap dan perilaku pegawai
3.      Mengubah tata aliran kerja
4.      Mengubah peralatan kerja
5.      Mengubah prosedur kerja
6.      Mengadakan perubahan dalam hubungan kerja antar personel. 
2. PROSES PERUBAHAN 
Organisasi mengalami perubahan karena organisasi selalu mengahdapi berbagai macam tantangan. Berikut ini adalah macam-macam proses organisasi :
1.      Mengadakan pengkajian
2.      Mengadakan identifikasi
3.      Mengadakan perubahan
4.      Menentukan strategi
5.      Melakukan evaluasi

3. CIRI_CIRI PENGEMBANGAN ORGANISASI
Pengembangan organisasi mempunyai dua arti, yaitu pengembangan organisasi sebagai fungsi administrasi dan pengembangan organisasi sebagai fungsi spesialis atau sebagai suatu teknik manajemen.
            Pada dasarnya pengembangan organisasi merupakan usaha yang dilakukan secara berencana, terus-menerus meliputi organisasi secara keseluruhan untuk meningkatkan efektivitas dan kesehatan organisasi dengan menerapkan azas-azas dan praktek yang dikenal dalam kegiatan organisasi.
Ciri-ciri pengembangan organiasi antara lain :
1.      Pengembangan organisasi merupakan usaha yang dilakukan secara berencana
2.  Pengembangan organisasi mencerminkan suatu proses yang berlangsung terus-menerus.
3.      Pengembangan organisasi berorientasi masalah organaisasi yang hrus dipecahkan.
4.      Pengembangan organisasi merupakan usaha kearah penyempurnaan organisasi.
5.     Pengembangan organisasi merupakan tanggapan terhadap berbagai perubahan yang terjadi diluar organisasi.

4.      METODE PENGEMBANGAN ORGANISASI
A.    Metode pengembangan organisasi antara lain :
1.      Jaringan manajerial
2.      Latihan kepekaan
3.      Pembentukan tim
4.     
Umpan balik survey
B.     Metode pengembangan keterampilan dan sikap antara lain :
1.      Latihan ditempat kerja
2.      Latihan instruksi kerja
3.      Latihan diluar tempat kerja
4.      Latihan ditemapat tiruan.
III. KESIMPULAN
      Dalam berorganisasi lebih baik sering diadakan motivasi trainer, agar peningkatan kinerja yang berdampak untuk sumber daya manusianya sendiri.
IV. REFRENSI
http://kamilfiki.blogspot.com/2012/01/teori-organisasi-umum-perubahan-dan.html
Wikipedia

No comments:

Post a Comment